>>Welcome To My Blog , Thank's for Visitting Here <<

Rabu, 21 Maret 2012

Menurunnya Permukaan Air Tanah

    Tanah merupakan lapisan atas kulit bumi yang terbentuk dari hasil pelapukan batuan atau bahan-bahan organic yang hancur karena pengaruh unsure-unsur alamiyah antara lain: cuaca , iklim,dan makhluk hidup baik tumbuhan,hewan maupun manusia.Tanah berperan penting bagi kehidupan manusia karena tanah bisa digunakan sebagai tempat tinggal  dan tempat melakukan kegiatan manusia.Tanah terdiri atas mineral,bahan organic,air dan udara.
        Komponen tanah yang sangat penting bagi kehidupan adalah air.Air sangat banyak sekali kegunaannya yaitu sebagai air minum,untuk mandi,mencuci,menyirami tanaman dan masih banyak lagi kegunaan air bagi kelangsungan hidup manusia.

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan jaman,di kota-kota besar banyak berdiri bangunan besar yang disebabkan oleh  pertumbuhan  penduduk yang tinggi.

Semakin banyak penduduk maka kebutuhan terhadap air pun juga semakin meningkat. Di kota-kota besar penyediaan akan air bersih belum dapat dipenuhi melalui jaringan distribusi air perkotaan,sehingga harus dipenuhi dengan pengambilan air tanah.Ketergantungan terhadap air tanah dibeberapa daerah masih tinggi,karena pasokan air dari sumber air permukaan tidak dapat memenuhi kebutuhan.Di kota-kota besar menjadi masalah yang serius.Ketika penyediaan air yang berasal dari air permukaan semakin sulit,air tanah pun menjadi alternatifnya.Namun bila air tanah diambil terus-menerus dan tidak terkendali akan menyebabkan menurunnya permukaan air tanah.Penurunan permukaan air tanah ini disebabkan karena besarnya pengambilan/penyerapan air tanah yang berlebihan,sehingga akan terjadi ketidakseimbangan dalam sistem aliran air tanah.
Seperti yang pernah terjadi di Jalan RE Mardinata,permukaan jalan tersebut ambles sedalam 200 meter.Penyebab kejadian tersebut adalah karena menurunnya permukaan air tanah. Disamping dapat menyebabkan penurunan permukaan air tanah,pengambilan air tanah yang tidak terkendali bisa menyebabkan intusi air laut.Intrusi air laut adalah masuknya air laut ke daratan,sehingga menyebabkan air tanah berasa payau atau asin karena air laut bercampur dengan air tanah yang turun permukaannya karena pengambilan yang terus-menerus.Selain itu jika tidak ada pengendalian terhadap pengambilan air tanah bisa mempercepat penurunan volume air tanah.


Tidak ada komentar: