>>Welcome To My Blog , Thank's for Visitting Here <<

Sabtu, 09 Maret 2013

Si Kerlip Cahaya


KUNANG-KUNANG


Kunang-kunang dari keluarga Lampyridae adalah serangga yang mengeluarkan cahay berkelip sendiri. Cahaya ini bisa berwarna hijau,kuning,atau kuning dan hijau secara bergantian. Kunang-kunang memiliki sekitar 2.000 spesies. Mereka banyak ditemukan di daerah tropis, dan Amerika Utara yang tidak terlalu dingin. Kunang-kunang biasanya tinggal di antara semak-semak atau belukar. Mereka hanya keluar jika hari sudah mulai gelap.

v  Sumber Cahaya
Cahaya kunang-kunang berasal dari organ-organ khusus di bawah perut. Namun, ada juga yang berasal dari dadanya. Baik betina maupun jantan, sama-sama bisa mengeluarkan cahaya. Cahaya ini dihasilkan ketika zat yang disebut lusiferin diubah menjadi oksi-lusiferindalam bentuk cahaya.
v  Tanda Bahaya dan Penarik Perhatian

Kunang-kunang menggunakan cahayanya untuk menunjukkan kepada pemangsa bahwa tubuhnya mengandung bahan yang beracun. Dengan demikian ia berharap tidak akan dimangsa oleh si predator. Selain itu,cahaya tersebut digunakan untuk menarik perhatian pasangannya.(sumber : ENSIKLOPEDIAKU Serial Pengetahuan)
     
kunang-kunang di malam hari 

kunang-kunang di malam hari


Tidak ada komentar: